Pengertian dan Tujuan Pendekatan Ketrampilan Proses (PKP).

Pengertian dan Tujuan Pendekatan Ketrampilan Proses (PKP). Pendekatan Ketrampilan proses adalah suatu cara belajar yang di terpakan pada siswa sekolah agar mereka menemukan sendiri fakta dan konsep ilmiah dengan melibatkan mereka secara maksimal dalam proses belajar dengan seluruh kemampuannya. Pengertian Pendekatan kemampuan Proses menurut Conny (1990) adalah pengembangan sistem belajar yang mengefektifkan siswa (CBSA = Cara belajar Siswa Aktif) dengan cara mengembangkan keterampilan dan memproses perolehan pengetahuan sehingga peserta didik akan menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep serta menumbuhkan sikap dan nilai yang dituntut dalam tujuan pembelajaran khusus.

Jadi, Pendekatan Ketrampilan Proses adalah cara belajar mengajar yang mengarah pada pengembangan kemampuan dasar siswa, baik kemapuan fisik, mental, sosial untuk menemukan fakta dan konsep sehingga dapat menumbuhkan minat dan ketrampilan khusus pada siswa peserta didik. Ketrampilan Proses mencangkup kegiatan antara lain:

  • Mengelompokan objek
  • Mengajukan pertanyaan
  • Melakukan pengamatan
  • Menyajikan data
  • Menafsirkan data
  • Memprediksi dan memprakirakan data
  • Mengidentifikasi variabel dalam percobaan

BACA Juga :

Tujuan Pendekatan Ketrampilan Khusus

TujuanĀ  utama Pendekatan Ketrampilan Khusus adalah untuk menumbuhkan dan mengembangakan jiwa ilmiah siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah. PKP membantu siswa mendapatkan hasil yang optimal dalam pembelajaran dan melatih keterampilannya dan cara mereka memahami suatu konsep atau teori dengan mengamati secara langsung, menentukan hipotesa dan mengambil kesimpulan. Dengan melatihkan keterampilan proses siswa akan lebih mudah menguasai dan menghayati materi pelajaran, karena siswa secara langsung mengalami peristiwa pembelajaran tersebut.

Tujuan lain pendekatan keterampilan proses diantaranya adalah:

  • memotivasi belajar siswa karena dalam keterampilan siswa dipacu untuk senantiasa berpartisipasi secara aktif dalam belajar.
  • memperjelas konsep, pengertian, dan fakta yang dipelajari siswa karena pada hakekatnya siswa sendirilah yang mencari dan menemukan konsep tersebut.
  • mengembangkan pengetahuan teori dengan kenyataan di dalam kehidupan sehari-hari.
  • mempersiapkan dan melatih siswa dalam menghadapi kenyataan dalam kehidupan sehari-hari untuk bepikir logis dalam memecahkan masalah.
  • mengembangkan sikap percaya diri, bertanggung jawab, dan rasa kesetiakawanan sosial dalam menghadapi berbagai problem kehidupan.

Kegiatan yang di lakukan dalam ketrampilan proses akan di bahas secara detail satu persatu di halaman berikutnya…

Next

KLASIFIKASI OBJEK