Pendidik yang Terdidik dan Pandai Mendidik

السلام عليكم

Assalamualaikum….

Itulah Guru Indonesia. Demi tercapainya tujuan Pendidikan Nasional, Guru harus bersinergis, saling berbagi demi kemajuan pendidikan Indonesia,

“Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Dan sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai guru untuk mewujudkan apa yang telah di rumuskan. Tujuan sudah di tetapkan, sekarang hanya tinggal melaksanakan kewajiban sesuai dengan kapasitas masing-masing demi kemajuan pendidikan Indonesia.

Guru adalah pendidik, pembimbing dan pendorong.  Kami juga penyampai ilmu, penggerak dan penasihat.  Di tangan kamilah masa depan bangsa ini di pertaruhkan. Karena kami yang bertanggungjawab mendidik dan memberi mereka pengetahuan. Pengetahuan yang salah akan menghancurkan moral dan jiwa mereka. 

Karena itu, Guru bukan hanya harus bisa mendidik, tapi juga harus terdidik. Karena Guru di tuntut untuk memberikan pengetahuan terbaik untuk muridnya, bukan sekedar apa yang dia tahu.

Guru harus bermoral! Karena guru bukan sekedar profesi, tapi adalah panutan, mercusuar Inspirasi dan keteladanan yang harus bisa mentransfer pengetahuannya dan menyelipkan pendidikan moral tingkat tinggi ke dalam jiwa sanubari siswa demi membentuk mereka menjadi pribadi yang bermoral, berkarakter,  dan berpengetahuan luas.

Demi menjalankan tanggungjawab itulah, saya membuat blog ini. Semoga kita para guru bisa saling berbagi dalam kebaikan dan para murid bisa mengambil pengetahuan yang saya bagikan.

Wassalamualaiku….

St Naimah