Kebutuhan dan macam-macam Kebutuhan

Kebutuhan dan macam-macam Kebutuhan. Kebutuhan di definisikan sebagai keinginan manusia terhadap benda atau barang dan jasa di dalam memenuhi dan mempertahankan hidupnya yang pemuasannya bisa di lakukan baik bersifat jasmani atau rohani.

Kebutuhan manusia timbul atau muncul karenaadanya tuntutan fisik dan atau tuntutan rohani agar dapat hidup layak sebagai manusia di dalam lingkungannya. Hidup layak yang di maksud di sini adalah hidup sebagaimana layaknya orang lain hidup. Tidak berbeda jauh.

Setiap orang memenuhi kebutuhan dengan berbagai cara:

  • Secara sendiri-sendiri
  • Secara berkelompok

dan pemenuhan kebutuhan itu tidak dilakukan secara sekaligus, tapi bertahap dan berkelanjutan dengan menggunakan prinsip kepentingan. Mana kebutuhan yang lebih penting dan mendensak akan didahulukan.

Macam-macam kebutuhan Manusia

A. Menurut intensitas kegunaannya:

  1. Kebutuhan Primer yaitu kebutuhan yang harus di penuhi, tidak boleh tidak. Contohnya: makanan, pakaiana, perumahan, dan lain-lain. Kebutuhan primer di sebut juga kebutuhan alami. Timbulnya kebutuhan primer disebabkan karena adanya dorongan atau hasrat mempertahankan hidup yang merupakan kodrat alami sebagai makhluk yang hidup di alam.
  2. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang akan dipenuhi bila kebutuhan primernya sudah terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder: sepeda, tempat tidur, alat-alat rumah tangga, dll. Kebutuhan sekunder di sebut juga kebutuhan kultural. Penyebab timbulnya kebutuhan tersebut adalah pengaruh lingkungan dimana manusia berada.
  3. Kebutuhan Tertier adalah kebutuhan yang akan di penuhi bila kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder telah terpenuhi. Kebutuhan tertier biasanya merupakan kebutuhan atas barang-barang mewah yang sebenarnya jika tidak memilikinya juga tidak apa-apa. Contoh kebutuhan tertier: TV, Hp, komputer, Mobil, Villa, dll.

Untuk menggolongkan apakah sebuah benda atau barang termasuk dalam kebutuhan primer, kebutuhan sekunder atau kebutuhan tertier dilihat dari manfaatnya dan sifatnya relatif. Tergantung pada waktu dan siapa yang membutuhkan.

Contoh; Komputer adalah barang mewah bagi para petani. Tidak memikiki komputer tidak apa-apa. Hidupnya tetap akan berjalan lancar. Tapi bagi seorang webmaster, komputer adalah kebutuhan utama, karena jika tidak punya komputer maka dia tidak akan bisa mengerjakan pekerjaannya.