Pengertian Majas dan jenis-jenis Majas

Pengertian Majas dan jenis-jenis Majas. Majas adalah bahasa kias atau bahasa indah yang digunakan untuk mengubah kalimat agar menimbulkan nilai rasa atau konotasi tertentu.

Pernah membaca sebuah tulisan yang sulit di pahami? Yang ketika pahami secara lebih mendalam ternyata maksud dan tujuannya berbeda dengan apa yang tertulis didalamnya? Bisa jadi tulisan itu tadi mengaplikasikan sebuah majas dalam penulisannya.

Contoh penulis yang suka  menggunakan majas sindiran sehingga menimbulkan konfrontasi antar sesama pembaca yang sebenarnya tidak diperlu kan adalah May Zulaikha. Dibeberapa tulisan di KBM, (Komunitas bisa menulis) sebuah group menulis di FB, dia selalu mendapat komen-komen tajam bahkan cacian dan makian karena tulisan-tulisannya yang dinggap pro salah satu kubu.

Majas disebut juga pola gaya bahasa. Majas atau gaya bahasa merupakan pemanfaatan kekayaan bahasa dan kosa kata, dengan cara dan tujuan tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu. Gaya bahasa dapat juga menjadi ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan merupakan ciri khas mereka dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tulisan.

Secara umum Majas terbagi dalam 4 jenis. Jenis-jenis Majas tersebut adalah

  1. Majas perbandingan
  2. Majas sindiran
  3. Majas penegasan
  4. Majas pertentangan

Dari keempat jenis majas diatas masih terbagi lagi dalam beberapa jenis / macam atau ragam majas lagi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang majas dan jenis-jenis majas silah baca artikel terkait berikut ini.